Minggu, 08 April 2018

MENGURAI KEKERASAN SIMBOLIK DI SEKOLAH: SEBUAH PEMIKIRAN PIERRE BOURDIUE TENTANG HABITUS DALAM PENDIDIKAN.

Oleh: M. Chairul Basrun Umanailo. M.Si


Pierre  Felix  Bourdieu  lahir  di  Desa  Denguin  (Distrik  Pyrenees-Atlanticues),  di  selatan  Prancis  pada  1  Agustus  1930.  Ayahnya  adalah seorang  petugas  pos  desa.  Ia  mendapatkan  pendidikan Lycée(SMA)  di Pau, sebelum pindah ke Lycée Louis-le-Granddi Paris, dan akhirnya masuk keEcole   Normale   Supérieure.   Bourdieu   belajar   filsafat   bersama   Louis Althusser  di  Paris  di Ecole  Normale  Supérieurepada  tahun  1951.  Setelah lulus,  ia  bekerja  sebagai  guru Lycéedi  Moulins  dari  1955  sampai  1958, ketika  ia  bergabung  dengan  dunia  militer  dan  dikirim  ke  Aljazair.  Pada 1958 ia menjadi pengajar di Universitas Aljazair.Pada  1960,  ia  kembali  ke  Universitas  Paris  mengajar  sampai  1964. Bourdieu  memegang  jabatan  Direktur  Kajian  di École  Pratique  des  HautesÉtudes (yang kemudian  menjadiÉcole des Hautes Études en Science Sociales),di  seksi  Vie  sejak  1964  dan  seterusnya.  Sejak  1981,  ia  menjabat  ketua jurusan   Sosiologi   di   Collége   de   France,   di   seksi   Vie.   Di   Prancis,   ia mendirikan Centre  for  the  Sociology  of  Education  and  Culture.  Dia  sudah menulis   beberapa   buku,   antara   lain Sociologie  de  l’Algérie  (1958;  TheAlgerians,  1962),  La  Distinction  (1979;  Distinction,  1984),  Le  Sens  pratique (1980; The Logic of Practice, 1990), La Noblesse d’état (1989; The State Nobility, 1996), and Sur la télévision (1996; On Television, 1998).  

untuk mengikuti kajian lengkap saya, silahkan copy link tautan berikut ini: 
https://www.researchgate.net/publication/323943979_MENGURAI_KEKERASAN_SIMBOLIK_DI_SEKOLAH_SEBUAH_PEMIKIRAN_PIERRE_BOURDIUE_TENTANG_HABITUS_DALAM_PENDIDIKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel yang sering dibaca